50 Fakta Menarik tentang Bumi

      Comments Off on 50 Fakta Menarik tentang Bumi

50 Fakta Menarik tentang Bumi – Dunia-dunia asing mungkin sangatlah buruk, dengan hal-hal mistisnya, tetapi bola yang kita sebut rumah, planet Bumi, memiliki semua potensi untuk dijadikan film blockbuster: dari drama ledakan gunung berapi, tabrakan meteor di masa lalu dan tabrakan lempengan-lempengan berbatu, sampai fantasi tentang kehidupan aneh di jurang laut, juga kisah-kisah tentang tempat-tempat terdingin, terpanas, terdalam, tertinggi dan tempat ekstrim lainnya.

Tahukah Anda bahwa Bumi sebenarnya bukan bola? Bahwa kita melaju mengelilingi matahari dengan kecepatan 67.000 mil per jam? Bahwa sebagian besar air segar Bumi terjebak di Antartika?

Kami menggali arsip kami untuk mengumpulkan 50 fakta paling menakjubkan dan menarik tentang Bumi.

50 Fakta Menarik tentang Bumi

Fakta Menarik tentang Bumi: Kita adalah planet ketiga dari matahari

Rumah kita, Bumi, adalah planet ketiga dari matahari dan satu-satunya planet yang diketahui memiliki atmosfer dengan oksigen gratis, lautan air di permukaan dan memiliki kehidupan. Bumi adalah salah satu dari empat planet terestrial: Seperti Merkurius, Venus dan Mars, ia memiliki permukaan berupa bebatuan.

Teruslah membaca untuk mencari tahu mengapa Bumi bukan berbentuk bola, meskipun sering dikatakan demikian.

Fakta Menarik tentang Bumi: Bumi berbentuk bulat pepat

Bumi bukanlah bola yang bulat sempurna. Saat Bumi berputar, gravitasi mengarah ke pusat planet kita, dengan gaya sentrifugal mendorong keluar.

Tetapi karena gaya penentang gravitasi ini bertindak tegak lurus terhadap poros Bumi, dan poros Bumi dimiringkan, gaya sentrifugal di ekuator menjadi tidak sepenuhnya menentang gravitasi.

Ketidakseimbangan ini bertambah di ekuator, di mana gravitasi mendorong massa air dan bumi ekstra ke tonjolan, atau “ban cadangan” di sekitar planet kita.

Lanjutkan untuk mengetahui seberapa besar pinggang Bumi.

Planet ini memiliki garis pinggang

Bumi Pertiwi memiliki garis pinggang yang lebar: di garis khatulistiwa, keliling dunia mencapai 24.901 mil (40.075 kilometer). Fakta bonus: berat Anda saat berada di khatulistiwa akan lebih sedikit dari berat Anda saat berada di salah satu kutub.

Teruskan, dan Anda akan terkejut mengetahui seberapa cepat Anda bergerak sekarang.

Fakta Menarik tentang Bumi: Bumi sedang bergerak

Anda mungkin merasa seperti sedang diam, tetapi sebenarnya Anda bergerak dengan cepat. Kecepatan Anda tergantung di mana Anda berada di Bumi ini, Anda bisa saja berputar dengan kecepatan lebih dari 1.000 mil per jam.

Seseorang yang berada di garis khatulistiwa bergerak paling cepat, sementara seseorang yang berada di kutub utara atau selatan akan diam. (Bayangkan sebuah bola basket berputar di jari Anda.

Titik acak pada ekuator bola berputar dengan jarak yang jauh dibandingkan satu titik yang berada di dekat jari Anda. Dengan demikian, titik pada khatulistiwa Bumi bergerak lebih cepat.)

Dan, seperti yang akan Anda pelajari pada slide berikutnya, kita juga berlomba dengan planet lain dalam hal mengelilingi matahari dengan kecepatan luar biasa.

Fakta Menarik tentang Bumi: Planet ini bergerak mengelilingi matahari

Oh ya, dan Bumi tidak hanya berputar: Ia juga bergerak mengelilingi matahari dengan kecepatan 67.000 mil (107.826 km) per jam.

Apakah Anda tahu berapa umur Bumi? Terus mencari tahu.

Fakta Menarik tentang Bumi: Bumi sudah tua

Para peneliti menghitung usia Bumi dengan menentukan usia batu tertua di planet ini dan usia meteorit yang telah ditemukan di Bumi (meteorit dan Bumi terbentuk pada saat yang sama, ketika tata surya terbentuk). Hasil temuan para peneliti? Bumi berusia sekitar 4,54 miliar tahun.

Planet ini adalah hasil daur ulang

Tanah tempat Anda berjalan adalah hasil daur ulang. Siklus batuan bumi mengubah batuan beku menjadi batuan sedimen menjadi batuan metamorf dan kembali lagi ke awal.

Siklusnya bukan lingkaran yang sempurna, tetapi dasar-dasarnya bekerja seperti ini: magma dari perut Bumi keluar dan mengeras menjadi batu. Proses tektonik mengangkat batu itu ke permukaan, tempat erosi menghancurkan batu tersebut menjadi fragmen kecil.

Fragmen-fragmen kecil ini mengendap dan terkubur, dan tekanan dari atas memadatkannya menjadi batuan sedimen seperti batu pasir. Jika batuan sedimen ini terkubur lebih dalam, mereka akan “dimasak” menjadi batuan metamorf dengan tekanan dan panas.

Sepanjang perjalanan, tentu saja, batuan sedimen ini dapat tererosi kembali atau batuan metamorf dapat terangkat kembali. Tetapi jika batuan metamorf ini terperangkap di zona subduksi di mana satu keping mendorong yang lain ke bawah, mereka mungkin akan berubah kembali menjadi magma.

Bulan kita mengalami gempa

Bumi mungkin terlihat mati dan tidak aktif. Tapi nyatanya, gempa bulan, atau “gempa bumi” di bulan, membuat benda-benda di bulan sedikit terguncang. Gempa di bulan kurang umum terjadi dan kurang intens daripada gempa yang mengguncang bumi.

Menurut para ilmuwan USGS, gempa bulan tampaknya memiliki hubungan dengan tekanan pasang surut yang terpengaruh oleh jarak yang bervariasi antara Bumi dan bulan. Gempa bulan juga cenderung terjadi pada kedalaman yang sangat dalam, sekitar pertengahan antara permukaan bulan dan pusatnya.

Terus mencari tahu tentang gempa terbesar yang pernah ada.

Fakta Menarik tentang Bumi: Alaska mengalami gempa bumi terbesar

Sampai Maret 2016, gempa bumi terbesar yang pernah mengguncang Amerika Serikat  adalah gempa berkekuatan 9,2 skala richter yang melanda Prince William Sound, Alaska, pada Jumat Agung, tanggal 28 Maret 1964.

Dan gempa bumi terbesar di dunia terjadi di Chili dengan kekuatan 9,5 skala richter, dan terjadi pada 22 Mei 1960, menurut US Geological Survey (USGS).

Selanjutnya: tempat terpanas di Bumi.

Tempat terpanas berada di Libya

Penghargaan untuk tempat terpanas di Bumi jatuh ke El Azizia, Libya, dimana catatan suhu dari stasiun cuaca mengungkapkan bahwa suhunya mencapai 136 derajat Fahrenheit (57,8 derajat Celcius) pada 13 September 1922, menurut NASA Earth Observatory. Masih ada kemungkinan bahwa ada lokasi lain yang lebih panas yang berada di luar jaringan stasiun cuaca.

Tempat terdingin berada di Antartika

Mungkin tidak mengherankan bahwa tempat terdingin di Bumi dapat ditemukan di Antartika, tetapi faktor penyebab dinginnya agak sulit dipercaya. Suhu musim dingin di sana dapat turun sampai dibawah -100 derajat Fahrenheit (-73 derajat Celcius).

Suhu terendah yang pernah dicatat di Bumi berasal dari Stasiun Vostok Rusia, di mana catatan menunjukkan suhu udara jatuh ke -128,6 derajat Fahrenheit (-89,2 derajat C) pada 21 Juli 1983, menurut USGS.

Fakta Menarik tentang Bumi: Antartika adalah benua yang ekstrim

Benua yang berada di selatan ini merupakan tempat yang ekstrim, dengan lapisan es Antartika mengandung sekitar 70 persen air tawar Bumi, dan sekitar 90 persen es di Bumi, meskipun Antartika hanyalah benua terbesar kelima.

Tahukah Anda bahwa Antartika sebenarnya dianggap gurun? Daerah bagian tengah Antartika hanya mendapat curah hujan 2 inci (50 milimeter) dalam setahun (biasanya dalam bentuk salju, tentu saja).

Stalagmit terbesar

Stalagmit terbesar di dunia dapat ditemukan di Kuba, tepatnya di Cuevo San Martin Infierno. Raksasa ini memiliki tinggi mencapai 220 kaki (67,2 meter).

Fakta berikutnya dalam daftar kami mengenai gravitasi mungkin mengejutkan Anda.

Fakta Menarik tentang Bumi: Gravitasi yang tidak merata

Karena bola bumi kita bukan bulat sempurna, massa Bumi tidak tersebar merata. Dan massa yang tidak merata berarti gravitasi menjadi sedikit tidak merata.

Salah satu anomali gravitasi misterius adalah di Teluk Hudson Kanada. Daerah ini memiliki gravitasi lebih rendah daripada daerah lain, dan sebuah penelitian tahun 2007 menemukan bahwa gletser yang terus mencair adalah penyebabnya.

Es yang pernah menutupi daerah tersebut selama zaman es terakhir, telah lama mencair, tetapi Bumi belum sepenuhnya pulih kembali dari peristiwa tersebut. Karena gravitasi di suatu wilayah sebanding dengan massa di atas wilayah itu, dan gletser mendorong sebagian massa Bumi, gravitasi menjadi agak kurang kuat di bekas lapisan es tersebut.

Sedikit deformasi pada kerak menyebabkan 25 persen hingga 45 persen dari penurunan gravitasi ini; sisanya dapat disebabkan oleh tarikan ke bawah yang menyebabkan gerakan magma di mantel Bumi (lapisan di bawah kerak bumi), berdasar laporan peneliti di jurnal Science.

Kutub magnet yang bergerak

Bumi memiliki medan magnet akibat panas dan cairan logam yang mengalir di sekitar inti besi Bumi yang padat. Setidaknya begitulah penyebabnya menurut para ahli geofisika. Aliran cairan ini menciptakan arus listrik, yang nantinya, menghasilkan medan magnet.

Sejak awal abad ke-19, kutub utara magnet bumi telah bergerak ke utara sejauh lebih dari 600 mil (1.100 kilometer), menurut para ilmuwan NASA.

Laju pergerakannya terus meningkat, dengan pergerakan ke utara dengan kecepatan sekitar 40 mil (64 km) per tahun saat ini, dibandingkan dengan kecepatan sebesar 10 mil (16 km) per tahun yang diperkirakan terjadi pada abad ke-20.

Medan magnet bumi juga bervariasi dalam kekuatannya, dan baru-baru ini ditemukan melemah.

Kutub yang saling bertukar

Faktanya selama 20 juta tahun terakhir, planet kita telah berada dalam pola pertukaran kutub setiap 200.000 hingga 300.000 tahun; pada 2012, entah bagaimana, sudah lebih dari dua kali lipat jumlah tersebut sejak pertukaran terakhir.

Pertukaran ini tidak terjadi selama sepersekian detik, tetapi terjadi selama ratusan atau ribuan tahun. Selama masa yang panjang ini, kutub-kutub magnet mulai bergerak jauh dari daerah sumbu putar, dan akhirnya berakhir dengan bertukaran secara sempurna, menurut para astronom dari Cornell University.

Kisah selanjutnya tentang tempat tertinggi adalah fakta yang sangat bagus untuk diketahui.

Fakta Menarik tentang Bumi: Ada keadaan seri untuk gunung tertinggi

Dan gelar untuk gunung tertinggi jatuh kepada Gunung Everest atau Mauna Kea. Puncak Gunung Everest lebih tinggi di atas permukaan laut daripada puncak gunung lainnya, dengan ketinggian sekitar 29.029 kaki (8.848 meter).

Namun, ketika diukur dari dasar gunung sampai ke puncak, Mauna Kea yang mengambil gelar tersebut, dengan tinggi sekitar 56.000 kaki (17.170 m), menurut USGS.

Berikut adalah beberapa pengukuran terperinci Mauna Kea: titik tertinggi adalah 13.680 kaki (4.170 m) di atas permukaan laut; dengan kaki bernama Mauna Loa melanjutkan panjang tersebut sampai 16.400 kaki (5.000 m) di bawah permukaan laut; dan bagian tengah gunung berapi itu menekan dasar laut sampai 26.000 kaki (8.000 m) dalam bentuk kerucut terbalik, yang mencerminkan profil gunung berapi di atasnya.

Bumi pernah memiliki dua bulan?

Bumi mungkin pernah memiliki dua bulan. Bulan kedua yang kecil dengan lebar sekitar 750 mil (1.200 km) mungkin telah mengorbit Bumi sebelum akhirnya menabrak bulan yang lain.

Tabrakan ini menjelaskan mengapa kedua sisi bulan yang masih ada sangat berbeda satu sama lain, kata para ilmuwan dalam jurnal Nature edisi 4 Agustus 2011.

Fakta Menarik tentang Bumi: Kita mungkin masih memiliki bulan kedua?

Beberapa ilmuwan mengklaim Bumi memiliki dua bulan saat ini. Menurut para peneliti yang melaporkan dalam jurnal ilmu pengetahuan planet ICARUS edisi 20 Desember 2011, sebuah batu luar angkasa dengan lebar setidaknya 3,3 meter (1 meter) mengorbit Bumi pada waktu tertentu.

Mereka tidak selalu batu yang sama, tetapi lebih merupakan “bulan sementara” yang terus berubah, kata para ilmuwan.

Model teoretis dari para ilmuwan menyatakan bahwa gravitasi planet kita menangkap asteroid ketika mereka lewat di dekat kita dalam perjalanan asteroid tersebut mengelilingi matahari; ketika salah satu dari batuan ruang angkasa ini tertarik oleh gravitasi bumi, biasanya mereka membuat tiga kali putaran dengan orbit tidak teratur di sekitar Bumi, dan memutari Bumi selama sekitar sembilan bulan sebelum meluncur kembali ke lintasannya.

Fakta Menarik tentang Bumi: Batu dapat berjalan sendiri

Batu dapat berjalan sendiri di Bumi, setidaknya mereka melakukan hal tersebut di danau datar yang bernama Racetrack Playa di Death Valley. Di sana, badai bisa menggerakkan bebatuan yang terkadang berbobot puluhan atau ratusan pon.

Kemungkinan besar, batu-batu berlapis es tersebut tergenang air dari bukit-bukit di atas playa, menurut para peneliti NASA. Ketika kondisinya memungkinkan dan licin, dan dengan angin sepoi-sepoi, batu itu akan berjalan.

Messner dan Habeler orang pertama yang mencapai puncak Everest

Pada 8 Mei 1978, pendaki Reinhold Messner dan Peter Habeler menjadi orang pertama yang mencapai puncak Everest tanpa bantuan oksigen.

Messner menggambarkan perasaannya ketika mencapai puncak seperti ini: ‘Saya tidak lebih dari paru-paru yang terengah-engah, melayang di atas kabut dan puncak.’

Fakta Menarik tentang Bumi: Pematang tengah samudra adalah rantai pegunungan terpanjang

Untuk menemukan barisan pegunungan terpanjang di dunia Anda harus melihat ke bawah laut. Pegunungan ini disebut pematang tengah samudera, rantai gunung berapi bawah laut yang membentang sekitar 40.389 mil (65.000 km). Pegunungan memiliki ketinggian rata-rata 18.000 kaki (5,5 kilometer) di atas dasar laut.

Saat lava keluar dari dasar laut, ia menciptakan lebih banyak kerak, yang akhirnya menambah rantai gunung tersebut, yang lalu membentang di seluruh dunia.

Ooh, ooh: Apakah Anda tahu struktur hidup terbesar di Bumi? Jawabannya hampir pasti akan mengejutkan Anda. Baca terus.

Terumbu karang adalah struktur hidup terbesar di Bumi

Terumbu karang memiliki kehidupan spesies per unit terbesar dibandingkan ekosistem lain di planet ini, menyaingi hutan hujan.

Dan karena mereka terbentuk dari polip karang kecil, maka terumbu karang merupakan struktur hidup terbesar di Bumi dengan komunitas organisme yang saling terhubung. Bahkan sebagian terumbu karang pun terlihat dari luar angkasa, menurut NOAA.

Fakta Menarik tentang Bumi: Palung Mariana adalah titik terendah di Bumi

Seberapa rendah Anda bisa pergi? Titik terdalam di dasar laut memiliki kedalaman 35.813 kaki (10.916 meter) di bawah permukaan laut, berada di Palung Mariana.

Titik terendah di Bumi yang tidak tertutupi oleh laut memiliki kedalaman 8.382 kaki (2.555 meter) di bawah permukaan laut, tetapi semoga berhasil untuk pergi ke sana, karena tempat itu berada di Bentley Subglacial Trench di Antartika, terkubur di bawah banyak es.

Laut Mati adalah titik terendah di darat

Titik terendah di darat relatif mudah diakses. Yaitu Laut Mati yang berada di antara Yordania, Israel dan West Bank. Permukaan dari danau super-asin ini memiliki kedalaman 1.388 kaki (423 m) di bawah permukaan laut.

Selanjutnya: danau yang meledak?

Fakta Menarik tentang Bumi: Danau bisa meledak

Kami tidak bercanda! Di Kamerun dan di perbatasan Rwanda dan Republik Demokratik Kongo ada tiga danau yang mematikan: Nyos, Monoun, dan Kivu. Ketiganya adalah danau kawah yang berada di atas titik vulkanik Bumi.

Baca Juga: Fakta Tata Surya yang Menarik Untuk Diketahui

Magma di bawah permukaan melepaskan karbon dioksida ke dalam danau, menghasilkan lapisan yang kaya karbon dioksida tepat di dasar danau. Karbon dioksida itu bisa saja dilepaskan dalam ledakan, dan membuat semua orang yang lewat sesak.

Kita akan kehilangan air segar

Seiring perubahan iklim, gletser terus mencair dan berkontribusi terhadap naiknya permukaan laut. Ternyata satu wilayah gletser tertentu menyumbang 10 persen dari semua air hasil lelehan es di dunia.

Rekor itu dimiliki Canadian Arctic, yang kehilangan volume es setara dengan 75 persen Danau Erie antara 2004 dan 2009.

Gletser mencair dengan cepat

Manusia meninggalkan jejak di planet ini dengan berbagai cara aneh. Misalnya, uji coba nuklir pada 1950-an yang melemparkan partikel radioaktif ke atmosfer.

Partikel-partikel radioaktif itu akhirnya kembali ke Bumi sebagai hujan dan salju, dan sebagian dari partikel tersebut terperangkap dalam gletser, di mana ia membentuk lapisan kecil “Anda di sini” untuk para ilmuwan yang mencoba menentukan usia es.

Namun, beberapa gletser mencair dengan sangat cepat, sehingga setengah abad sejarah ini lenyap.

Dulu bumi berwarna ungu

Dulu Bumi berwarna ungu. Kehidupan purba di Bumi yang berwarna ungu mungkin sama dengan kehidupan di Bumi saat ini yang berwarna hijau, kata Shil DasSarma, ahli genetika mikroba di Universitas Maryland.

Mikroba purba, katanya, mungkin menggunakan molekul selain klorofil untuk memanfaatkan sinar matahari, yang memberi warna ungu pada organisme, katanya.

Baca Juga: Menarik, Inilah Fakta tentang Luar Angkasa

DasSarma berpikir klorofil muncul setelah molekul peka cahaya lain yang disebut retinal muncul di Bumi purba. Retinal, hari ini ditemukan di membran berwarna plum dari mikroba fotosintesis yang disebut halobacteria, yang menyerap cahaya hijau dan memantulkan kembali cahaya merah dan violet, kombinasi yang menghasilkan warna ungu.

Gagasan ini dapat menjelaskan mengapa meskipun matahari mentransmisikan sebagian besar energinya di bagian hijau dari spektrum yang terlihat, klorofil tetap menyerap panjang gelombang biru dan merah umumnya.

Planet ini berlistrik

Petir dan kilat memperlihatkan sisi ganas dari planet kita. Satu sambaran petir dapat memanaskan udara sekitarnya hingga suhu 54.000 derajat Fahrenheit (30.000 derajat Celsius), menurut situs web pendidikan Windows to the Universe, hal ini menyebabkan udara memuai dengan cepat.

Udara yang memuai tersebut menciptakan gelombang kejut dan ledakan, yang lebih dikenal sebagai guntur.

Fakta bonus: Tahukah Anda ada sekitar 6.000 kilatan cahaya yang terjadi di Bumi setiap menit?

Bumi ditutupi oleh lautan

Lautan menutupi sekitar 70 persen permukaan bumi, namun manusia hanya menjelajahi sekitar 5 persen dari lautan, yang berarti 95 persen lautan di planet ini belum pernah dilihat oleh manusia.

Dan ini menakjubkan: Sekitar 300 juta tahun yang lalu, hanya ada satu benua, benua super besar yang disebut Pangea. Dan dengan demikian hanya ada satu laut raksasa, yang disebut Panthalassa.

Planet ini dipenuhi dengan kekayaan

Dan lautan luas yang disebutkan sebelumnya sangatlah kaya, menyimpan lebih dari 20 juta ton emas. Tapi jangan senang dulu, logamnya begitu encer sehingga setiap liter air laut rata-rata mengandung sekitar sepertiga belas juta gram emas.

Emas yang tidak larut juga terselip di bebatuan di dasar laut, dan meskipun tidak ada cara yang efisien untuk mendapatkan logam mulia itu, menurut NOAA, jika kita dapat mengekstraksi semua itu, setiap orang di Bumi dapat memiliki 9 pon emas.

Fakta selanjutnya adalah tentang kosmik. Baca terus!

Bumi tertutup oleh debu kosmik

Setiap hari planet kita ditaburi debu peri atau debu dari surga. Setiap hari, sekitar 100 ton material antar planet (sebagian besar dalam bentuk debu) melayang dan jatuh ke permukaan bumi. Partikel terkecil dilepaskan oleh komet saat es mereka menguap di dekat matahari.

Kita mengelilingi sebuah bintang

Bumi berjarak sekitar 93 juta mil (150 juta kilometer) dari matahari. Pada jarak ini, dibutuhkan sekitar 8 menit dan 19 detik agar sinar matahari mencapai planet kita.

Ada suatu benda yang pernah bertabrakan dengan bulan

Banyak peneliti berpikir bahwa dulu ada beberapa benda besar yang menabrak bumi, dan puing-puing hasil tabrakan bersatu membentuk bulan kita.

Tidak jelas apakah objek yang bertabrakan itu adalah sebuah planet, asteroid atau komet, dengan beberapa ilmuwan berpikir bahwa planet hipotesis seukuran Mars bernama Theia penyebabnya.

Pernah ada benua super besar

Benua-benua di Bumi diperkirakan pernah bertabrakan membentuk benua super dan lalu pecah beberapa kali dalam sejarah Bumi selama 4,5 miliar tahun.

Benua super yang paling baru adalah Pangea, yang mulai pecah sekitar 200 juta tahun yang lalu; daratan yang menyusun Pangea ini akhirnya terpisah menjadi beberapa benua seperti saat ini.

Pergeseran lempeng menciptakan gunung

Sementara lempeng yang bergeser yang disebut lempeng tektonik dan tidak terlihat oleh kita, memiliki pengaruh yang bersifat monumental. Ambil contoh Himalaya, yang membentang 1.800 mil (2.900 km) di sepanjang perbatasan antara India dan Tibet.

Pegunungan yang sangat luas ini mulai terbentuk antara 40 juta sampai 50 juta tahun yang lalu, ketika wilayah India dan Eurasia terdorong oleh pergeseran lempeng ini, dan bertabrakan. Tabrakan tektonik ini menyebabkan puncak Himalaya bergerigi.

Kilauea adalah gunung berapi paling aktif

Gunung berapi Kilauea di Hawaii memang sering meletus di puncaknya, namun itu bukan letusan paling aktif di Bumi.

Gelar itu jatuh ke Gunung Api Stromboli, di pantai barat Italia selatan, yang telah meletus hampir terus menerus selama lebih dari 2.000 tahun, menurut US Geological Survey. Ledakannya yang spektakuler telah membuatnya mendapat gelar “Mercusuar Mediterania.”

Pernah ada erupsi super-kolosal

Erupsi gunung berapi terbesar yang dicatat oleh manusia terjadi pada bulan April 1815, yaitu puncak dari ledakan Gunung Tambora. Letusan mendapat nilai 7 (atau “super-kolosal”) pada Volcanic Explosivity Index (VEI), yang memiliki nilai dari 1 sampai 8.

Dan nilai dari skala ini agak mirip dengan nilai dari skala magnitudo untuk gempa bumi. Ledakannya disebut-sebut sangat keras hingga terdengar sampai Pulau Sumatra, yang berjarak lebih dari 1.200 mil (1.930 km). Korban tewas akibat letusan diperkirakan 71.000 orang, dan banyak awan dengan abu tebal turun di pulau yang bahkan jauh dari gunung tersebut.

Garis pantai kita cukup ramai

Garis pantai meliputi sekitar 20 persen wilayah daratan AS (tidak termasuk Alaska), dan merupakan rumah bagi lebih dari 50 persen populasi AS, menurut NOAA.

Samudera Pasifik adalah cekungan terbesar

Samudera Pasifik sejauh ini merupakan cekungan laut terbesar di Bumi, yang meliputi area sekitar 59 juta mil persegi (155 juta kilometer persegi) dan mengandung lebih dari setengah air di Bumi, menurut NOAA. Ini sangat besar sehingga semua benua dunia dapat masuk ke Samudera Pasifik.

Pohon adalah raksasa yang bernapas

Ketika kita berpikir tentang bentuk kehidupan yang besar, paus dan gajah muncul di pikiran. Tapi coba lihat pohon ini untuk urusan ukuran: pohon jenis sequoia bernama General Sherman adalah pohon dengan batang terbesar berdasarkan volumenya, di planet ini.

Batang pohon itu mengandung material sedikit lebih besar dari 52.500 kaki kubik (1.486,6 meter kubik).

Jamur besar adalah makhluk hidup terbesar

Namun, jika Anda ingin menunjukkan organisme terbesar di planet ini, taruhan terbaik Anda mungkin adalah jamur yang sangat besar.

Pada tahun 1992, para ilmuwan yang melaporkan di Nature mengungkapkan kepada dunia bahwa ada sebuah organisme jamur Armillaria, atau jamur madu, yang membentang sepanjang 2.200 hektar di Oregon.

Ada sedikit kemungkinan bahwa cabang-cabang dari mega-jamur ini bukanlah klon, tetapi masih saling berhubungan satu sama lain, tetapi bagaimanapun juga kami tetap terkagum.

Kelelawar ini adalah mamalia terkecil di dunia

Di ujung lain dari spektrum ini, ada banyak organisme kecil mungil di Bumi, sampai dengan kehidupan sel tunggal. Tapi mari kita fokus pada sesuatu yang sedikit lebih menggemaskan: kelelawar Kitti berhidung babi.

Spesies yang rentan ini ditemukan di Asia Tenggara dengan panjang hanya sekitar 1 inci (29-33 milimeter) dan beratnya hanya 0,071 ons (2 gram), menjadikannya bersaing dengan tikus Etruscan yang lebih ringan namun lebih panjang, untuk gelar mamalia terkecil di dunia.

Manila adalah kota paling ramai

Tidak suka orang banyak? Tinggal jauh dari Manila. Kota di Filipina ini adalah kota dengan penduduk terpadat di dunia, dengan sebagian besar orang dijejalkan di perbatasan kota terkecil (pinggiran kota yang terpencil tidak masuk hitungan). Pada sensus 2007, 1.660.714 orang tinggal di area seluas 14,8 mil persegi (38,55 kilometer persegi).

Greenland memiliki ruang paling terbuka

Pecinta kesendirian mungkin dapat mencoba Greenland dalam hal ukuran. Negara ini memiliki kepadatan populasi paling sedikit di dunia. Pada 2010, di area seluas 836.330 mil persegi (2.166.086 kilometer persegi), tercatat ada 56.534 orang yang tinggal di dalamnya.

Namun, sebagian besar pemukiman di Greenland terkumpul di pantai, sehingga angka kepadatan populasi yang rendah ini agak sedikit menyesatkan.

Gurun Atacama adalah tempat paling kering

Tempat paling kering di Bumi adalah Gurun Atacama di Chili dan Peru. Di tengah gurun ini, ada tempat-tempat di mana hujan tidak pernah terjadi.

Roald Amundsen adalah orang yang pertama kali mencapai Kutub Selatan

Berbicara tentang gurun, orang pertama yang berhasil melintasi gurun Antartika untuk mencapai Kutub Selatan adalah Roald Amundsen dari Norwegia.

Dia dan empat pria lainnya menggunakan kereta yang ditarik oleh anjing untuk sampai ke Kutub. Amundsen kemudian menyebutkan bahwa kesuksesannya dikarenakan oleh perencanaan yang hati-hati.

Ada planet lain yang mirip Bumi

Pada akhirnya, pasti ada banyak planet yang mirip Bumi. Ilmuwan ruang angkasa telah menemukan bukti dari planet mirip Bumi yang mengorbit bintang-bintang yang jauh, termasuk planet asing bernama Kepler 22-b yang berputar-putar di zona layak huni dari bintang yang mirip dengan kita.

Apakah ada di antara planet-planet ini yang dapat menyangga kehidupan adalah pertanyaan yang masih belum dapat dijawab.

Fakta Menarik tentang Bumi: Langit berkilauan dengan lampu-lampu menari

Aurora terjadi ketika partikel bermuatan dari matahari disalurkan ke Bumi oleh medan magnet Bumi dan bertabrakan dengan atmosfer bagian atas yang berada di dekat kutub. Aurora menjadi lebih aktif ketika aktivitas matahari mencapai puncaknya dalam siklus cuaca 11 tahun dari matahari.

Cahaya selatan, yang juga disebut aurora australis, terlihat lebih jarang daripada aurora borealis, cahaya utara, karena sedikit orang yang berani menghadapi musim dingin Antartika yang gelap dan beku.

Selain itu, di bumi kita semua juga bisa bermain slot online untuk mendapatkan uang tambahan dari internet. Menarik sekali bukan?